Bisnis Penyelenggara Acara atau EO dan WO yang Menjanjikan Gelar Jutawan

Bisnis Penyelenggara Acara atau EO dan WO yang  Menjanjikan Gelar Jutawan

Bisnis penyelenggara acara seperti halnya pernikahan, seminar, rapat dan lain-lain itu sangat memiliki prospek menjanjikan. Kian hari, jasa penyelenggara acara kian dibutuhkan di berbagai kalangan masyarakat terutama daerah perkotaan, alasan kuatnya adalah tuntutan kebutuhan dan meningkatnya kesibukan kerja sehari-hari.

Perkembangan masyarakat menuntut adanya acara-acara maupun kegiatan suatu momen ataupun kegiatan rutin. Begitu pula dengan kalangan organisasi, lembaga, perusahaan dan yang lainnya yang ingin mengadakan banyak kegiatan seperti diskusi, lomba, promosi produk, peningkatan sumberdaya masyarakat dll.

Eranya serba instan

Di era sekarang, menyelenggarakan acara sudah menjadi kebutuhan banyak kalangan. Sudut lainnya adalah keterbatasan tenaga ahli dan tentunya kesibukan baik secara perorangan maupun kelompok tentunya membuat mereka tidak ada waktu untuk mengurusi gelaran acara mereka sendiri.

Maka dari itu, penyedia layanan masyarakat terhadap suatu even akan kian dibutuhkan. Bagaimana bisa kebutuhan ini menjadi keuntungan yang berlimpah? Berikut uraian jelasnya...

Ambil saja contoh bisnis EO. Mereka yang menggeluti bisnis penyelenggara even ini memiliki omset mengagetkan. Dalam satu kali acara saja, penggarap-penggarap even ini bisa mengantongi laba bersih 10-20 juta. Bahkan jika acara besar, mereka mendapat income hingga ratusan juta rupiah hanya dalam maksimal tiga hari.

Kita sekarang bayangkan, jika mereka dalam sebulan mendapat orderan hingga 4-5 kali, berapa mereka akan mengantongi fulus? Silahkan kalikan sendiri lah. Hehe.

Begitu pula terbuka lebarnya juga peluang dalam menyelenggarakan pernikahan (WO). Bisnis WO ini tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab kita tahu sekarang acara pernikahan hampir sebulan 2-3 kali bahkan lebih.

Tak hanya keuntungan bejibun, bisnis ini mempunyai peluang sepanjang masa, karena siapa orangnya yang tak mau menikah? Jika diperhatikan, setiap orang menikah tentu tidak bisa bekerja sendiri. Jangankan orang biasa, pemilik usaha dekorasi dan tatarias pun membutuhkan tenaga ahli untuk membantunya.

Penghasilan bersih yang dihasilkan dari jasa WO juga tidak main-main, karena orang menengah kebawah pun siap mengeluarkan uang banyak untuk biaya acara seumur hidup sekali baginya ini. Para pembisnis WO rata-rata dibanjiri uang 5-50 juta dalam satu acara (1-2 hari).

Bisa kita perhitungkan bila musim nikah datang, sebulan bisa mendapat 5 panggilan. Dan sekali lagi, silahkan kalikan sendiri penghasilan dalam sebulannya! Mulai terhipnotis? Hehe.

Tapi, Ada tapinya nih... Jika ingat pepatah lama bilang "Ada siang pasti ada malam". Artinya, untung yang membuat orang jadi jutawan mendadak dengan bisnis EO & WO ini juga sangat bergandengan erat dengan fakir mendadak. Kenapa? Karena resiko dari usaha ini cukup besar pula.

Jika dianalisa darimana datangnya kerugian besar tersebut datang, bisa dipastikan bahwa si pembisnis ini TIDAK mampu memonitoring alasis kebutuhan, keinginan dan keuangan keseluruhan. Maka bukan untung lagi yang jadi bahasan, bisa jadi dapat menghabiskan modalnya.

Hal ini juga tidak sedikit dialami oleh kalangan EO/WO yang mendapat sponsor besar, namun justru nombok alias rugi karena tadi, mereka kurang pintar dalam kalkulasi dan memenej keuangan. Apa solusinya?

Kini Anda tak perlu khawatir lagi akan kerugian dan resikonya, karena penulis akan membagikan ilmunya dengan sangat mendetail akan bisnis EO dan WO ini. Tinggal sejauh mana semangat Anda dalam membaca posting-posting selanjutnya dari penulis.

Untuk gambaran kecilnya penulis akan mengulas tuntas mengenai beberapa poin penting dari bisnis ini seperti halnya mulai dari peluang, persiapan memulai bisnis, strategi awal membuka bisnis, perencanaan membuat even, strategi menyelenggarakan even, strategi promosi, mengelola keuangan, cara menggaet sponsor, sampai pada simulasinya.

Sedetail mungkin, sesederhana mungkin, penulis akan menyajikan info yang sangat berharga ini, sehingga membuat pembaca bisa menjadi pembisnis EO dan WO yang handal, sukses dan tentunya jauh dengan gulung tikar.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Bisnis Penyelenggara Acara atau EO dan WO yang Menjanjikan Gelar Jutawan"

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental Misty Fan Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    ReplyDelete