Jenis Jenis Event Organizer Menurut Para Ahli

Setiap jasa event organizer mustahil menyelenggarakan seluruh jenis acara, tetapi hampir dipastikan semuanya melakukan klasifikasi spesialisnya masing-masing yang timbul dengan cara alamiah. Umumnya spesialis ini berhubungan langsung dengan klien langganannya.

Menurut Suseno

Berikut beberapa klasifikasi event organizer pandangan Suseno 2006:

1. Event organizer spesialis kontraktor
Spesialis event organizer ini melayani keperluan suatu perusahaan atau instansi yang akan mengadakan sebuah acara atau even khusus. Hampir semua instansi atau perusahaan memiliki even yang sifatnya internal oleh mereka sendiri.

Untuk melaksanakannya, mereka biasanya menggandeng event organizer demi efisiensi dan kesuksesan even tersebut. Sebab, mereka tidak memiliki cukup tenaga dan pikiran untuk membentuk panitia internal untuk melaksanakan keseluruhan even tersebut.

Hal ini berbeda dengan mereka yang bergerak dibidang promosi. Perusahaan minuman dan makanan menggandeng event organizer untuk melaksanakan acara ulang tahun mereka, atau untuk membuat acara gathering konsumen mereka, agen, atau keperluan direct promotion dll.

Memnbangun jaringan bisnis diantara para supplier adalah faktor yang sangat penting bagi event organizer jenis ini. Alasannya, berbagai variasi kebutuhan klien harus dapat dipenuhi.

Kita ambil contoh misalnya, jika suatu saat meminta skesenian angklung, kita harus mengetahui tempat yang kita bisa mendapatkannya dengan harga yang bersaing.

keuntungan dari jenis event organizer ini biasanya mengambil dari persentase fee nilai kontrak, umumnya berada dikisaran 5-20%.

2. Event organizer spesialis program
EO jenis ini mencakup showbiz, expo, kompetensi olahraga/otomotif. Ini sebuah pilihan yang unik, karena perusahaan event organizer hanya mengandalkan sebian besar hidupnya dari show musik yang diadakan.

Rancangan program even merupakan senjata utama untuk bekerja sebagai event organizer yang profesional, dan mungkin itulah titik tersulitnya. Bakat dan kerja keras lah yang akan menentukan. Tapi ingat bahwa kerja keras adalah 90%, sisanya bakat dan peluang.

Faktor tantangan dan hambatannya cukup besar jika meninjau berbagai kondisi di negeri ini. Faktor sponsor, perizinan, tempat pertunjukan, tingkat kebutuhan masyarakat, dan lain-lain yang kesemuanya belum terjadi seperti di luar negeri.

Terjun dibidang event organizer showbiz perlu mental baja, yaitu tahan banting. Dan untuk menjadi event organizer besar dari jenis ini, dibutuhkan waktu lebih dari 10 tahun.

Jika berhasil melewati usia bisnis pertunjukan diatas 10 tahun, berarti perusahaan sponsor telah mengerti dan percaya terhadap karya kita selama ini.

Faktor utama event organizer showbiz adalah mengerti secara mendalam tentang pasar musik atau industri musik. Tren musik yang sedang menjadi kegemaran masyarakat sudah menjadi insting bisnis.

Demikian pula dengan event organizer yang bergerak dibidang pameran. juga harus jeli mengamati tren masyrakat.

Untuk event organizer bidang otomotif, lebih sedikit lagi jumlahnya. Sebab, segmen otomotif lebih sedikit dibanding lainnya. Biasanya diselenggarakan road race, gokart, balap mobil, pameran otomotif, atraksi otomotif, dan lain sebagainya.

Tijauan jenis kemasan menurut Beatrix 

Adapun jika dilihat dari jenis kemasannya, Beatrix (2006) membagi menjadi dua jenis EO. Murni dan disertai sponsor. Berikut rinciannya:

1. EO murni
Segala sesuatu dalam EO jenis ini ditanggung dan diselenggarakan oleh pihak organizer. Hal tersebut baik yang berkenaan dengan kemasan, penyaji acara, maupun pencarian sponsor untuk mendapatkan dana.

Dana ini nantinya dikurangi seluruh biaya persiapan dan pelaksanaan even yang dapat menjadi keuntungan pihak event organizer.

2. EO by project (sponsor)
Dalam pola kedua ini, tugas event organizer sebenarnya telah berkurang sebagian, karena pembiayaan dan provit sudah diperoleh dari sponsor atau perusahaan penyelenggara.

event organizer hanya merampungkan tugas dengan berusaha melaksakan even sebaik-baiknya dengan kemasan acara yang dapat menjadi ikon produk dengan terget audien sesuai keinginan sponsor.

Sedangkan jika dilihat dari jenis acara yang diadakan, EO dapat dikategorikan menjadi beberapa golongan sebagai berikut:

1. One stop service agency
Merupakan EO besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.

2. Mice
Mice adalah kependekan dari meeting, incentive, convention, dan exhibition. EO ini khusus bergerak dibidang acara yang berbentuk pertemuan.

3. Brand aktivation
Merupakan jenis EO yang secara spesifik membantu kliennya untuk mempromosikan dalam rangka peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target market-nya. Bentuk acara yang digelar antara lainseperti diskusi, seminar, sarasehan, talk show, dialog, atau variety show.

4. Musik dan hiburan
EO ini memiliki spesialisasi di bidang hiburan, terutama musik. Misalnya pagelaran konser musik, pertunjukan seni dan budaya, dan semisalnya.

5. Pribadi
EO jenis ini khusus bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi, terutama bagi orang kaya. Bentuk acara tersebut diantaranya penyelenggara pernikahan (wedding organizer), ulang tahun, syukuran, jabatan baru, pisah sambut, atau sejenisnya.

Sementara itu, jika kita lihat berdasarkan tema yang diadakan, EO dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Olahraga, yang meliputi:
  • Pertandingan profesional
  • Kompetensi peringkat
  • Pertandingan persahabatan/eksibisi
  • Perlombaan
2. Seni, yang mencakup beberapa hal sebagai berikut:
  • Pementasan/pergelaran profit oriented
  • Pementasan program acara
  • Nonprofit
  • Institusional/privat
  • Lomba/festival
  • Pentas eksibisi/apresiasi
Itulah jenis-jenis EO menurut para ahli berdasarkan berbagai sudut pandang yang dilakukan oleh bidang dan kerjanya masing-masing.

Begitu luasnya ruang lingkup kerja EO, sebenarnya dapat menjadi alternatif profesi yang dapat menampung banyak tenaga kerja.

Cara kerja EO memiliki sistem pokok kerja yang sama dengan sistem kerja pada bidang yang lain. Perbedaannya hanya terletak pada tingkat klasifikasi program tersebut, yang dapat diukur dari cakupan wilayah kerja program, beban kerja, dana anggaran, dan SDM yang terlibat.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Jenis Jenis Event Organizer Menurut Para Ahli"

  1. bisnis Eo ternyata prospeknya bagus :D
    https://highlight.id/jenis-macam-event-seru-menarik/

    ReplyDelete
  2. Trims Admin untuk Share artikelnya.

    Oh ya sekedar informasi aja nih, bagi yang membutuhkan Perusahaan Penyewaan Misty Fan untuk keperluan berbagai acaranya bisa coba hubungi kami ya.

    Salam blogger min.

    ReplyDelete
  3. boleh tau gak sourcenya dari mana

    ReplyDelete
  4. Mkasi ya Infonya ngebantu banget🙏

    ReplyDelete
  5. Terimakasih infonya, karena ini saya lebih mengerti tentang event organizer dan manajemen event itu bagaimana

    ReplyDelete