Manfaat dan Fungsi Event Organizer Ditengah Masyarakat Modern

Kehadiran jasa EO di tengah-tengah kesibukan masyarakat modern dapat disinyalir sebagai lahan strategis untuk meraup rupiah, karena mempunyai potensi dan manfaat besar bagi pihak terkait.

Terutama EO yang berjibaku pada bidang usaha atau suatu industri dan produsen produk terbaru yang acap kali tidak ada waktu untuk mengadakan atau mengurus acara yang mereka butuhkan yang berbagai jenis.

Manfaat dan Fungsi EO

Oleh karenanya, manfaat sebuah even dapat dikelompokan menjadi setidaknya tiga kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Fungsi promosi even

Fungsi promosi even merupakan penetrasi info tentang adanya suatu momen. Langkah ini berguna untuk menggaet partisipan sebanyak mungkin yang akan terlibat demi kesuksesan even tersebut.

2. Pembentukan citra

Calon partisipan yang hendak berkontribusi, tahu betul bahwa kerjasamanya dalam even tersebut memberi nilai bagi produk yang diolahnya itu, baik itu terdapat nilai emosional di dalamnya maupun sebagai pendorong trafik penjualan.

Contoh: Event organizer dalam berpromosi dapat meyakinkan bahwa produk atau jasa (terutama yang baru), bila berpartisipasi dalam even bertaraf atau berkelas internasional, ini menimbulkan suatu prestise tersendiri.

Contoh lain: event all about female yang dibuat oleh EO tertentu memiliki nilai emosional bagi produk kecantikan, produk fashion, dan jasa bidang kewanitaan seperti konsultasi kecantikan.

3. Manfaat ekstra

Terdapat manfaat lain yang bukan utama dari bagian jasa even. Dengan keikutsertaan dalam sebuah even , berarti berpartisipasi sebagai peserta pameran maupun sponsor untuk berpromosi.

Selain itu, manfaat even ditinjau dari segi produsen penyedia produk atau penyedia jasa adalah sebagai berikut:
  • Sebagai tempat alternatif yang baik untuk menjual.
  • Meningkatkan kuantitas pengenalan dan penjualan produk/jasa.
  • Mempertahanan citra produk/jasa.
  • Konsumen akan lebih yakin dan senang jika bisa langsung bertatap wajah dengan produsennya.
  • Meyakinkan konsumen dengan info yang detail dan berkesan.
  • Mengamalkan persuatifisme agar mengubah cara pandang masyarakat.
  • Lebih mengenal minat pelanggan secara langsung.
  • Memberi perbandingan secara langsung dengan pesaing.
  • Saling menjajaki antara produsen, agen dan calon konsumen.
  • Mempererat tali persaudaraan.
  • Mempelajari metode penjualan dan promosi perusahaan lain.
  • Sebagai marketing intelligent system.
Manfaat even ditinjau dari segi pengunjung yang termuat dalam material promosi adalah sebagai berikut:
  1. Dalam sebuah even, banyak informasi baru yang bisa didapatkan. Hal ini dibedakan antara sifatnya yang benar-benar baru atau hal baru yang Anda dengar dan lihat yang mungkin selama ini belum diketahui. Contohnya kemajuan dibidang teknologi yang akan dilounching pada sebuah even, misalnya laptop berukuran 7 inc yang akan dipromosikan dengan harga dibawah lima juta.
  2. even tersebut akan memberikan pengetahuan secara cuma-cuma. Misalnya, pada sebuah even yang akan dilaksanakan dengan mengadakan talk show bersama pebisnis ternama: Bob Sadino. Acara ini diadakan secara gratis. Pengunjung akan senang hati dengan mengunjungi even Anda untuk mendengarkan idolanya yang biasa tiketnya dijual mahal.
  3. Even memberikan berbagai hal yang ingin diketahui secara mendetail. Kelebihan dari even dibanding beriklan adalah terjadinya interaksi secara langsung yang bersifat dua arah antara calon konsumen, pelanggan, dengan produsen produk dan jasa. Contoh seperti even seminar. Para peserta seminar dapat bertanya dengan langsung secara mendetail mengenai hal-hal yang masih awam bagi meraka, misatilah dalam teknologi, sekaligus mereka dapat bertanya secara rinci mengenai penggunaannya dan cara-cara mengatasi bila terjadi kerusakan atau akibat yang ditimbulkan dari penggunaan produk dan jasa.
  4. Even bersifat edutaiment (education dan entertanment). Even yang mamadukan unsur pendidikan dan hiburan kepada peserta atau pengunjung even. Sajikan dalam material promosi tersebut keuntungan yang akan diperoleh, Misalnya, selain mendapat pengetahuan pada even tersebut, peserta dan pengunjung juga merasa terhibur dengan acara even spektakuler yang dibuat hanya khusus dalam even tersebut.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Manfaat dan Fungsi Event Organizer Ditengah Masyarakat Modern"

  1. Helpfull.., smart people choice

    ReplyDelete
  2. Terimakasih ya, infonya bermanfaat.
    Oh ya, mau menambahkan informasi aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Rental Genset untuk berbagai keperluan seperti event misalnya, bisa coba hubungi kami dari Arthur Teknik ya. Dijamin profesional dalam pengerjaannya.

    ReplyDelete