Aneka, Jenis Atau Macam Kelompok Even Untuk Bisnis EO

Aneka, Jenis Atau Macam Kelompok Even Untuk Bisnis EO

Aneka lahan garapan bisnis EO sebagian sudah kita singgung dalam artikel jenis-jenis EO sebelumnya. Dilihat dari macam acara atau kegiatannya, lahan garapan EO sangat banyak. Dari mulai promosi produk baru, seminar, konser, pernikahan, sampai acara-acara pribadi masyarakat lainnya.

Kategori lahan garapan

Meski demikian, kita dapat mengelompokan lahan garapan EO dari kategori tertentu, diantaranya kelompok even tersebut yaitu:

1. Calender Event

Even kalender merupakan sebuah kegiatan yang sudah rutin dilakukan pada hari atau tanggal-tanggal tertentu dalam setiap tahun. Kelompok ini terdiri atas acara reguler pada hari, bulan dan tahun tertentu secara periodik sepanjang tahun kalender.

Contoh: RUPS, acara ulang tahun kota, dan semisal peringatan hari-hari besar tertentu.

2. Momentum Event

Even momentum adalah sebuah acara-acara yang dilakukan pada momen-momen tertentu, yang tidak pasti setiap tahunnya, namun pasti ada kelompok atau konsumen yang memilikinya dan bahkan mewajibkannya. Acara yang sifatnya khusus dan dilaksanakan pada momen tertentu diluar acara rutin. Contoh:
  • Ulang tahun perusahaan, menyambut Hari Kartini, dan Perayaan hari Anak Sedunia.
  • Momen yang sangat istimewa bagi kalangan public relations. Ia mempunyai kesempatan yang baik untuk menciptakan publisitas tentang dan perusahaannya.
3. Special Event

Even spesial adalah acara-acara khusus yang diadakan seseorang, kelompok, atau lembaga tertentu yang membutuhkan acara khusus pula. Contohnya antara lain:
  • Acara peresmian seperti soft-opening, grand-opening, merger, dan penyerahan penghargaan.
  • Acara peringatan seperti ultah perusahaan.
  • Acara yang bersifat komersial, semisal peluncuran produk baru. Atau, juga non-komersial dan sosial/community events, seperti santunan anak yatim dan jompo, sumbangan peduli bencana, dan lain-lain.
Selain ketiga macam kelompok even diatas, masih terdapat banyak rincian even yang mungkin masih belum terjamah oleh penulis, misal saja acara kebudayaan baik yang formal atau non-formal yang pastinya semua itu bukan even yang bisa dilakukan dengan cuma-cuma atau seadanya.

Kesemuanya sangat membutuhkan kepiawaian dan perhitungan yang matang. Tujuannya jelas, tidak ada pihak yang dirugikan. Si pelanggan merasa puas karena acara sesuai harapan, dan jasa EO mendapat kepuasan pula dari segi finansial hasil kerja keras dan cerdasnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aneka, Jenis Atau Macam Kelompok Even Untuk Bisnis EO"

Post a Comment