Tips Sukses Membangun Perusahaan Bisnis Jasa Event Organizer

Bisnis jasa event organizer pada era sekarang ini memang menjanjikan gelar jutawan dalam waktu singkat. Bagaimana tidak? Jasa event organizer kian hari kian dibutuhkan dan peminatnya kian meningkat, seiring dengan modernisasi sosial.

Bayangkan saja, jika sebulan kita mendapat order 3 atau 4 tempat, dengan laba bersih 5-50 juta pereven. Maka, penghasilan perbulan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hal ini menjadi momok menggiurkan bagi siapa saja yang memiliki insting bisnis yang bagus.

Tapi hal itu tidak bisa digapai dengan mudah, butuh cara untuk merangkak dan sukses dalam bisnis ini. Apa saja? Berikut tips-tips dasar memulai bisnis EO dan WO:

1. Wawasan
Ilmu adalah kunci pertama yang harus kita kuasai sebelum apapun. Seseuai dengan ungkapan banyak orang, bahwa ilmu bisa membawa kesenangan dunia akhirat. Memang hal ini tidak bisa dianggap sebelah mata, memiliki pengetahuan yang luas akan menjadi penopang keberanian dan jembatan yang bisa menyelamatkan ketika bisnis EO kita mengalami masalah atau kendala bisnis. Maka perlu kita membaca banyak akan ilmu bagaimana memulai, memperhitungkan dengan manajemen yang sempurna, berpromosi, menggaet sponsor, lobi pelanggan dan lain-lain.

2. Berani
Keberanian kita akui sebagai pemecut adrenalin dan semangat jiwa untuk menuju kesuksesan dalam hal apapun. Tanpa punya keberanian, saya jamin besok dan lusa akan sama saja dengan hari ini. Tapi berari kita letakan setelah ilmu, kenapa? Berani yang tanpa perhitungan yang matang adalah nekad yang akan membunuh bakat besar kita.

3. Komunikatif
Kita contoh seorang yang berjuluk si anak singkong alias Choirul Tanjung. Motivasi yang paling beliau tekankan kepada setiap orang adalah kita harus pandai berkomunikasi yang tentunya dengan ilmu yang mumpuni. Seorang orator ulung dapat dengan mudah mempunyai relasi bisnis terutama EO yang melibatkan banyak pihak. Kenyamanan berkomunikasi orang lain dengan kita adalah hal utama dalam mempertahankan bisnis EO hingga benar-benar menjadi seorang EO profesional.

4. Kreatif dan Inovatif
Gagasan, konsep atau ide merupakan tekanan dan tuntutan dalam bisnis EO. Nantinya ide kreatif seiring dengan berjalan waktu akan menjadi ciri khas kita yang pada umumnya memiliki daya survive yang tinggi. Sebab, pelanggan akan sangat mencari jasa EO yang menarik dan unik, yang jarang atau bahkan kita yang pertama kali menggagasnya. Jadi, asah terlebih dahulu kreatifitas otak kita sampai benar-benar siap bersaing.

5. Pengalaman
Kenapa penulis mengurutkannya menjadi nomor 5? Karena menurut saya, seiring dengan berjalannya waktu, kita akan mengetahui seluk-beluk dari usaha EO ini. Pengalaman tidak selalu dikejar dengan kita menjadi karyawan, sekarang sangat simple untuk mempelajari pengalaman, kita tinggal ketik pengalaman bisnis event organizer di search engine semisal google, maka akan muncul dan tinggal baca sedalam-dalamnya.

6. Relasi
Memilih dan mencari relasi bisnis EO yang tepat adalah hal yang pertama saat kita mau memulainya. Contoh saja jika kita mempersiapkan untuk jenis EO seminar, maka kita harus menggalang komunikasi dengan berbagai pihak seperti gedung/aula, konsumsi, anggota seminar dan mempersiapkan segalanya yang terkait.

7. Modal finansial
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa uang adalah segalanya di era sekarang. Memang banyak pebisnis yang sukses mengisyaratkan bahwa uang bukan hal utama. Tapi kita bisa bayangkan bahwa banyak diatara kita yang memiliki ide jenius, namun ketiadaan uang yang sehingga kreatifitasnya tak terrealisasikan. Tapi, bisa diakali jika kita pandai melobi para pemilik modal dengan harapan ada bantuan dana dari mereka. Jadi, penulis tidak sependapat bahwa uang adalah segalanya.

8. Pelayanan
Berlatih EO tidak hanya dibuthkan skill dalam managemen, orang yang terlibat di dalamnya harus kita layani sepenuh hati. Karena banyaknya pihak yang terkait, maka kita harus bijak dalam mengambil keputusan dan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik khususnya bagi pelanggan dan bawahan.

9. Jiwa kepemimpinan
Kebijaksanaan dalam memimpin bawahan adalah hal yang paling vital. Kita tidak akan sukses membangun bisnis ini jika kita tidak mengasah mental memimpin. Sopan dan tegas merupakan dua hal yang paling anak buah sukai dari seorang pemimpin. Selain itu, pemberian honor kepada meraka juga harus sesegera mungkin agar kinerjanya kian hari kian meningkat karena betah. Manusia itu bukanlah robot yang tak mempunyai hati, beri mereka kenyamanan hati dan mencontohkan sikap yang baik demi masa depan bisnis kita juga tentunya.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Tips Sukses Membangun Perusahaan Bisnis Jasa Event Organizer"

  1. Saat ini Jasa Event Organizer sudah sering bermunculan. dan saat banyak orang ingin memilih jasa organizer yang baik dan aman untuk suatu organisasi atau perkantoran. Utamakan memiliki pelayan baik agar repeat di kemudian hari.

    ReplyDelete
  2. Buat event itu emang gampang-gampang susah, Trims Admin udah share artikel.
    Sekedar info tambahan aja, bagi yang bingung membuat event bisa coba baca artikel ini: Sewa Genset Syncronize Jakarta

    Semoga bermanfaat,
    Salam blogger ya min.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas insights menariknya. EO juga tentu membutuhkan pembukuan yang lengkap agar keuangan dapat terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, Software ERP yaitu aplikasi keuangan penting untuk diterapkan oleh perusahaan, termasuk EO.

    ReplyDelete